Pelkat PA GPIB Sola Gratia Bogor Peduli Kesehatan Gigi Anak

Kesadaran kesehatan gigi dan mulut seringkali dilupakan oleh beberapa orang. Padahal kesehatan gigi dan mulut sangat penting, dan berhubungan dengan kesehatan tubuh kita. Melihat kenyataan tersebut, Pelkat PA GPIB Sola Gratia Bogor membuat suatu program baru yang melibatkan dokter gigi, anak layan, pelayan PA serta orang tua. Program ini sudah berjalan 2x dari tahun 2017 sampai pada tahun ini.  Pengurus Pelkat PA merasa bertanggung jawab dalam menjawab realitas yang ada melalui kegiatan pemeriksaan gigi dan mulut, serta sikat gigi bersama adik-adik pelkat PA di GPIB Sola Gratia Bogor.

Kegiatan ini dikemas semenarik mungkin agar adik-adik pelkat PA tidak takut untuk bertemu dokter gigi, melainkan bersemangat serta memahami bagaimana cara yang baik dan benar untuk merawat gigi mereka. Target  pada kegiatan ini ditujukan kepada adik-adik pelkat PA karena anak-anak memiliki daya ingat yang lebih baik dan lebih mudah menerima sesuatu yang baru yang dapat mengubah pola perilaku sejak usia dini. Kegiatan ini merupakan kepedulian kami untuk membantu meminimalisasi dampak negatif dari masalah tersebut serta mengupayakan kembali pengetahuan dari kesehatan gigi dan mulut. Dengan demikian, diharapkan dapat membantu meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut jemaat, khususnya pada anak-anak.

anak-anak antusias menonton film perihal kesehatan gigi dan mulut

Di awali dengan doa pembukaan, lalu menonton  film pengantar tentang kesehatan gigi, adik-adik pelkat PA terlihat sangat penasaran sekaligus senang. Setelah selesai menonton film, mereka bersiap untuk sikat gigi bersama di halaman gereja. Dokter gigi yang hadir mulai memperagakan bagaimana cara sikat gigi yang baik dan benar, kemudian diikuti oleh adik-adik pelkat PA yang didampingi orang tua dan pelayan PA.

Baca pula: Q and A PELKAT PT GPIB Sola Gratia Bogor

Selanjutnya, adik-adik pelkat PA diperiksa gigi satu persatu oleh dokter gigi. Respon adik-adik pelkat PA bermacam-macam. Ada yang langsung berani mau bertemu dokter gigi, ada yang menangis karena takut, ada yang kabur tidak mau diperiksa, dan respon lainnya. Di sini pengurus, orang tua dan dokter gigi menyadari bahwa sifat alami anak-anak yang merasa takut akan hal yang baru apalagi terbesit di benak mereka jika bertemu dokter gigi pasti akan disuntik dan dicabut giginya. Kenyataannya, asalkan gigi anak-anak sehat dan tidak berlubang pasti dokter gigi juga tidak akan memberikan tindakan apapun. Yang lebih menakutkan saat mau tidur malam, gigi terasa sakit banget karena ada giginya yang bolong. Iiii serem… Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

dokter sedang memeriksa giigi salah seorang anak

Oleh karena itu, selaku pengurus Pelkat PA GPIB Sola Gratia, kami bertekad untuk mengadakan program ini secara rutin setiap tahunnya. Tujuannya, agar adik-adik Pelkat PA dapat memahami bagaimana cara sikat gigi yang baik dan benar, serta terbiasa dengan pemeriksaan gigi, dan bukannya takut bertemu dokter gigi.

berfoto bersama dalam keceriaan usai kegiatan pemeriksaan gigi dan mulut

Semoga ke depannya adik-adik pelkat PA GPIB Sola Gratia selalu sehat tubuh maupun giginya.

Leave a Reply